Blog

Cara Memproteksi File Excel

Pernah gak ngalamin, file hasil kerja keras kita tiba-tiba ada yang merubah oleh pihak lain tanpa sepengetahuan kita, gimana gituh rasanya. kesel kan?, dan kalau ini sering terjadi pada diri anda bisa-bisa bikin anda sakit liver karena nahan kesel yang terus-terusan atau bisa jadi malah bikin sakit diabetes, iya kan?.

Nah itu menghindari itu semua, tahukan anda?, ternyata file excel hasil kerja kita dapat diproteksi loh biar aman dari tangan jahil dengan Cara Memproteksi File Excel hasil kerja anda.

Kenapa harus file Excel?, karena Dokumen excel merupakan file yang paling sering diproses berisi data-data berupa angka yang sensitif. Karena pentingnya itulah, maka Excel sangat perlu untuk diprotesi sehingga tidak ada perubahan apapun saat pihak lain membukanya. Memproteksi file excel bisa mencegah kesalahan dari tangan orang lain dan juga alasan keamanan, Berikut adalah cara memproteksi file Excel.

2. Cara Memproteksi File Excel
2. Cara Memproteksi File Excel

1. Cara Memproteksi File Excel dengan Mengunci Cells tertentu

Satu cara memproteksi file excel yang termudah untuk mencegah terjadinya perubahan tak sengaja dari spreadsheet anda adalah dengan cara mengunci cellnya. Untuk melakukannya, klik Review kemudian pilih Protect Sheet. Pastikan Protect Worksheet dan cell yang konten yang terkunci sudah dicek, lalu klik OK. Nantinya, jika ada orang yang akan mengubah konten maka akan ada pesan muncul bahwa spreadsheet dilindungi.

Namun, anda juga bisa untuk membiarkan beberapa cell tidak terkunci sehingga bisa diubah, sementara sisanya terkunci. Untuk melakukan ini, pertama hilangkan check dari Unprotect Sheet. Kemudian, pilih cell yang ingin anda tidak kunci. Di bagian Home, klik Font Setting, klik Protection dan hilangkan check di Locked. Klik OK lalu kembalu ke tab Review, klik kembali Protect Sheet.

2. Cara Memproteksi File Excel dengan Mengenkripsi Workbook menggunakan Password

Ada di mana saatnya anda ingin mencegah orang yang ta berkepentingan untuk membuka file Excel anda. Anda bisa dengan mudah untuk memproteksi seluruh Workbook dengan menambahkan password. Untuk melakukannya, anda perlu membuka file, kemudian pilih Info. Klik Protect Workbook dan pilih Encrypt with Password.

Masukkan password yang anda inginkan. Tidak ada larangan dari tipe karakter maupun panjang password yang digunakan, tapi patut diingat bahwa password juga merupakan hal yang sensitif. Setelah anda memasukkan password, klik OK dan konfirmasi password dengan cara mengetiknya kembali. Setelah menutup Workbook, di lain waktu saat anda atau orang lain membuka file, maka dialog box untuk memasukkan password akan muncul. Memasukkan password yang tepat hanyalah satu-satunya cara agar orang lain mengakses workbook. Tidak ada cara untuk recover password atau membuka file, jadi pastikan password tidak terlupakan.

3. Cara Memproteksi File Excel dengan memberikan Akses terbatas atau edit terbatas

Mungkin anda menginginkan untuk mempassword workbook dengan tujuan memproteksinya sehingga hanya orang tertentu yang bisa membukanya. Tapi di sisi lain, anda juga tidak ingin orang yang bisa membuka file tersebut mengubah konten yang terdapat dalam file. Menariknya, Excel bisa membuat anda mengatur password untuk membuka file dan juga mengubah konten file.

Mulai dengan membuka file kemudian, pilih menu File lalu pilih Save As. Di bagian Save As, klik menu Tools dan klik General Options. Di bagian jendela yang terbuka, anda bisa memasukkan password untuk membuka workbook dan juga password untuk memodifikasi konten workbook. Jika anda ingin melarang pengguna di luar yang berkepentingan membuka workbook, masukkan password untuk membuka file.

Untuk mencegah pengguna lain memodifikasi workbook, masukkan sebuah password di bagian “Password to Modify”. Klik OK kemudian konfirmasi password yang sudah anda masukkan. Pastikan passwordnya tidak anda lupakan. Save dan tutup workbook. Ketika dibuka kembali, maka pengguna yang membukanya akan diminta untuk memasukkan password agar workbook bisa dilihat. Sementara, jika mereka ingin memodifikasi kontennya, maka mereka diminta untuk memasukkan Password to Modify. Jika mereka tidak tahu passwordnya, otomatis mereka hanya bisa membaca konten tanpa bisa mengubah isinya. Sementara mereka yang mengetahui seluruh password bisa membuka workbook dan memodifikasinya.

Nah itulah beberapa Cara Memproteksi File Excel agar tidak mudah disalahkan gunakan oleh orang lain yang tidak berhak, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *