Blog

Cara Menghitung Isi Kolom di Excel

Excel menjadi software yang sangat sering digunakan dalam melakukan perhitungan. Selain formatnya, berbagai rumus yang tersedia membantu penggunanya untuk melakukan kemudahan dalam pekerjaannya. Jika data yang dimiliki cukup banyak, tentu anda perlu menghitung sebanyak apa cell dan kolom yang telah digunakan. agar tidak anda harus sampai pusing apalagi sampai botak karena mikir gimana cara menghitung isi kolom, jadimahirkomputer.com kasih yah tahu cara menghitung isi kolom di excel yang stepnya ada di bawah ini.

5. Cara Menghitung Isi Kolom
5. Cara Menghitung Isi Kolom

Cara Menghitung Isi Kolom di Excel

1. Cara Menghitung Kolom Cell Berupa Angka

Fungsi COUNT bisa digunakan untu menghitung banyaknya cell yang berisi angka-angka. Syntaxnya adalah =COUNT(value1, value2, …) di mana value adalah berupa salah satu cell atau nilai yang diketik menjadi formula COUNT.

Caranya adalah dengan mengetik data sampel di worksheet terlebih dahulu. Di bagian bawah kolom setelah baris data terakhis, ketikkan formula syntax cOUNT mulai dari kolom barus pertama hingga kolom baris terakhir. Setelah itu, tekan Enter untuk menyelesaikan formulanya. Maka hasilnya adalah total cell dalam satu kolom yang memuat banyak angka. Jika terselip baris berupa kata, maka tidak akan dihitung.

2. Cara Menghitung Kolom Berisi Data

Fungsi ini bernama COUNTA yang akan menghitung kolom cell yang tidak kosong atau berisi data. Syntaxnya yaitu =COUNTA(value1, value2, …). Caranya adalah masukkan data terlebih dahulu ke dalam worksheet, kemudian masukkan formula COUNTA dan cell berisi data yang ada di dalam satu kolom yang sama untuk dihitung. Tekan Enter untuk menyelesaikan, maka hasilnya adalah jumlah cell berisi data.

3. Cara Menghitung kolom cell yang blank

Cell kolom yang blank atau kosong tetap bisa anda hitung menggunakan fungsi COUNTBLANK yang syntaxnya berupa =COUNTBLANK(range). Caranya, masukkan data terlebih dahulu ke dalam worksheet kemudian ketikkan =COUNTBLANK(celln:celln). Tekan Enter untuk menyelesaikan perhitungan. Maka hasilnya adalah jumlah baris dalam kolom yang cellnya blank atau kosong.

4. Cara Menghitung Kolom Cell yang Terlihat Blank

Baik rumus COUNTA maupun COUNTBLANK akan menghitung kolom cell dengan formula yang terlihat kosong, jika hasil formulanya berupa dua petik kosong (“”). String kosong tersebut dianggap sebagai teks dan terhitung dalam formula. Contohnya =IF(A2=”,”,A2). Meskipun hasilnya berupa string kosong, akan dikonversi menjadi value atau nilai dengan cara dicopas sebagai value.

5. Cara Menghitung Kolom Cell untuk 1 Kriteria

Dalam Excel, anda juga bisa menghitung kolom cell untuk menemukan kriteria kata yang spesifik dengan menggunakan fungsi COUNTIF. Fungsi ini akan membantu anda menemukan cell dengan kriteria yang tepat, bukan cell yang berisi bagian dari potongan kriteria yang dicari.

Caranya adalah dengan memilih cell yang ingin ada hitung. Ketikkan tanda (=) untuk memulai formula, lalu tuliskan COUNTIF( Highlight semua cell dalam kolom yang akan anda hitung. Untuk memisahkan argumennya, ketikkan koma (,) bukan titik dua (:). Mengetik kata harus diapit oleh tanda petik lalu ketikkan tutup kurung. Tekan enter untuk menyelesaikan formula, maka hasilnya adalah hitungan yang memenuhi kriteria saja.

6. Cara Menghitung cell kolom untuk kriteria mirip

Tidak hanya memenuhi satu kriteria yang sama, excel juga bisa menghitung isi kolom cell yang memenuhi kriteria mirip. Jika anda mengetik satu item tertentu, maka item yang mirip akan dihitung selama cell mengandung kata yang sama dengan string. Caranya hampir sama, yaitu dengan memilih cell yang akan dihitung terlebih dahulu.

Kemudian, ketikkan COUNTIF( setelah tanda sama dengan (=). Pilih cell yang mengandung nilai yang akan dihitung untuk mengecek kesamaan kriterianya. Untuk memisahkan argumen, gunakan tanda koma (,) bukan tanda titik dua (:). Ketikkan kata untuk mencari kriteria yang diapit oleh dua tanda bintang atau asterik. Setelahnya, ketikkan tutup kurung lalu tekan Enter. Maka hasilnya adalah kolom cell yang memenuhi kriteria mirip.

Demikian artikel cara menghitung isi kolom di excel, semoga bermanfaat yah. salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *